Tips Merawat Anak Ayam Juara Tumbuh Super Cepat

Tips Merawat Anak Ayam Tumbuh Cepat, Sukses dan tidaknya seseorang peternak ayam aduan dapat di pengaruhi dari mulai merawat anak ayam (doc), karena dalam masa ini merupakan masa masa pertumbuhan yang akan sangat menentukan hasil akhir nantinya pada ayam aduan kelak bertarung didalam arena laga ayam jago,.

Kepopuleran ayam aduan tentunya tidak akan pernah ada habisnya, itu semua dapat di buktikan dari banyaknya masyarakat indonesia yang masih pemula berbondong bondong mencari tahu tentang cara cara merawat anak ayam aduan supaya bisa dapat tumbuh dengan lebih cepat,.

Apa kamu juga demikian? jika kamu juga demikian maka kamu sudah tidak salah lagi berada disini, mengapa bisa kami katakan demikian? karena pada kesemapatan kali ini kami akan mengulas kepada kamu semua tentang tips merawat anak ayam juara supaya dapat tumbuh dengan cepat,. Bagi kamu yang masih awam dan ingin tahu bagaimana caranya maka silahkan kamu simak ulasan yang admin berikan ini dengan baik baik,.

Tips Merawat Anak Ayam Tumbuh Cepat

1. Pisahkan Dengan Indukan

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan bakal jawara dengan induknya,. Sebenarnya ada beberapa manfaat jika anaknya tetap bersama induknya,. Namun jika menginginkan anakan lebih cepat besar maka harus dipisahkan. Hal ini memungkinkan si anak terhidar dari penyakit yang ada di sekitarnya dan mencegahnya dari suhu yang dingin yang menghambat pertumbuhanya,.

2. Menempatkan Kekandang Boxs

Perawatan anak ayam bangkok baru lahir yang terpenting adalah dengan menjaga suhu dalam kandang supaya tetap hangat dan memungkinkan adaptasi baginya dengan lingkungan baru,. Menempatkan bakal jawara ke kandang boks atau lebih kandang yang tertutup juga mempengaruhi pertumbuhannya,.

Untuk menjaga suhu tetap hangat dimalam hari maka digunakan lampu bohlam sebagai pengganti indukan. Menempatkan anak ayam pada boks dilakukan sampai anak ayam berkisar 3minggu dalam 1 bulan,. Dan kemudian dipindahkan ke kandang yang lebih besar lagi dan masih menggunakan lampu untuk menjaga suhu tetap hangat,.

3. Memberikan Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi juga sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan bakal jawara. Namun pemberian makanan yang bergizi juga harus sesuai dengan umur si ayam tersebut,. Untuk ayam mulai dari umur 2 hari sampai 2 bulan berikanlah voor murni pabrik yang sesuai usianya,. Atau lebih baik lagi jika diberikan voor kusus,. Pemberian minum pun juga sangat penting, air minum akan mempercepat pencernaan pada anak ayam bangkok,.

Dalam pemberian makanan dan minuman ada baiknya diberikan sewajarnya saja atau jangan terlalu banyak hal ini dimaksudkan agar makanan dan minuman tidak acak acakan,. Gunakanlah wadah minuman dan makanan yang digantung,. Yang paling penting dalam pemberian makanan adalah tepat waktu.  Artinya jika kita melakukan pemberian makan pada pukul 6 pagi, pemberian selajutnya diberikan pada pukul 6 pagi,. Lakukanlah pemberian makanan 4 kali dalam sehari atau paling tidak 3 kali sehari,.

4. Memberikan Suplemen

Pemberian suplemen bisa dilakukan dengan menambahkan susu bubuk yang dicapurkan dengan makananya sekitar 4: 1 untuk memenuhu kebutuhan gizinya terutama kebutuhan tulang akan kalsium,. Kemudian bisa juga memberikan multivitamin pada minumanya untuk mencegah anakan dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang seperti vitachick atau gunakanlah cacing exitor jika ada indikasi anakan terserang cacingan,. Namun pemberian harus dilakukan sesuai dosisnya,.

5. Memotong Bulu

Bulu pada ayam diyakini menghabiskan banyak porsi gizi dari makanan yang dikonsumsi anak ayam,.
Oleh karna itu perlu dilakukan penanganan khusus pada bulu ayam. Penanganan yang dimaksud ialah dengan memotong bulu ayam tersebut. cara melakukan potong bulu dilakukan pada 3 minggu pada setengah bagian bulu sayam dan ekor,.

Ingat, jangan terkena bulu yang masih ada darahnya. Dan pada  usia 2 bulan atau pada saat bulu leher pada anak ayam mulai rontok dengan sendirinya dan cabutlah sisa – sisa bulunya yang
belum rontok pada dada dan pahanya,.

6. Perawatan Intensif

Setelah kita mensortir ayam bakal jawara, yang kita lakukan pada tahap terakhir adalah melakukan perawatan secara instensif. Ayam yang terpilih nantinya ditempatkan di kandang soliter dengan ukuran yang cukup luas agar bertumbuhanya tidak terhambat,.

Kemudia berikanlah suplemen seperti calk (kalsium) untuk mempercepat pertumbuhan tulangnya dan pemberian multivitamin agar ayam lebih cepat tumbuh dan tidak mudah sakit,.

Nah itulah beberapa cara cara yang dapat kamu lakukan pada anak Ayam Aduan yang kamu miliki supaya dapat tumbuh menjadi ayam juara bertarung denga super cepat,. Munking cukup sampai disini dulu pertemuan kita kali ini, terimah kasih dan sampai berjumpa lagi bersama kami pada artikel kami selanjutnya,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − eight =